Ini Dia 5 Destinasi Wisata Terpopuler yang Ada di Saumlaki Ini Dia 5 Destinasi Wisata Terpopuler yang Ada di Saumlaki

Jika tak menggemari mata pelajaran IPS, mungkin kamu akan merasa asing dengan nama yang satu ini. Saumlaki sejatinya merupakan ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB). Dilansir dari kumparan sudah bukan rahasia lagi, bahwa wilayah Indonesia bagian Timur memiliki keindahan alam yang tak bisa dipandang sebelah mata. Begitu juga dengan Saumlaki.

Kota kecil yang satu ini memiliki keindahan alam yang masih murni dan alami. Belum banyak dijamah, Saumlaki memiliki kekayaan bahari yang sangat indah dan memesona. Selain itu, Saumlaki juga terkenal akan kerajinan patung kayu yang indah.

Terletak di MTB, harus diakui bahwa jarak menjadi kendala utama bagi setiap orang yang ingin menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan bahari Saumlaki. Saking jauhnya, bahkan Saumlaki lebih mudah dijangkau dari Australia dibandingkan dari Jakarta!

Untuk bisa mencapai Saumlaki, kamu harus transit ke Ambon terlebih dahulu. Setelahnya, kamu akan melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat kecil bernama ATR 72. Kamu bisa membutuhkan waktu lima jam untuk bisa tiba di Saumlaki.

Tiba di tempat ini, perjalanan panjang selama berjam-jam menuju Saumlaki akan terbayar dengan aneka pemandangan cantik yang ada. Ada sejumlah objek wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Saumlaki. Apa saja, sih?

  1. Monumen Patung Kristus Raja

Banyak yang bilang, belum lengkap rasanya jika mengunjungi Patung Kristus Raja saat berada di Saumlaki. Patung yang memiliki bentuk ala Christ The Redeemer yang ada di Rio de Janeiro ini berada di Gereja Kristus Raja, Desa Olilit, dekat Pantai Weluan.

Jika bertandang ke monumen ini, kamu bisa puas berfoto dengan latar belakang patung dan langit biru yang cantik. Kamu juga bisa menaiki bangunan patung, lho!

Ada tiga patung yang bisa kamu temukan. Patung Yesus Memberkati, Bunda Maria dan Yesus, dan Penyaliban Patung. Kamu dijamin terpesona saat menyaksikan cantiknya pemandangan laut yang ada disekelilingnya.

  1. Desa Wisata Tumbur

Desa yang satu ini terletak di Kecamatan Wertamrian dan sangat terkenal akan kerajinan patungnya yang cantik. Jika berkunjung ke tempat ini, kamu akan menemukan banyak sekali pengrajin yang menjual patung kayu karyanya.

Ada sekitar 50an pengrajin yang secara konsisten melestarikan kesenian ini. Mereka juga mengandalkan kerajinan patung kayu sebagai mata pencaharian utamanya. Setiap motif ukiran memiliki maknanya sendiri. Sungguh cantik dan unik.

Kamu bisa mendapatkan patung kayu khas Saumlaki dengan merogoh kocek mulai Rp 75 ribuan hingga jutaan rupiah. Harganya bervariasi, tergantung bentuk dan ukuran patung. Bisa dikatakan, desa ini merupakan surga bagi kamu pecinta seni kerajinan tangan.

  1. Pantai Weluan

Pantai yang satu ini terletak di Desa Olilit dan merupakan pantai andalan serta kebanggaan penduduk Saumlaki. Dengan pasir putihnya, ini jadi pantai yang sering dijadikan sebagai tempat refreshing bagi warga setempat. Kamu juga dengan mudah akan menemukan banyak pedagang yang menjajakan makanan dan aneka benda lainnya. Ada es kelapa muda, rujak, ikan bakar, dan masih banyak lagi. Pas untuk bersantai!

  1. Air Bomaki

Jika ingin mencari kesegaran di siang hari nan terik, Air Bomaki jadi tempat yang wajib kamu singgahi. Di sini, kamu bisa puas berendam dan bermain air hingga puas. Sungai jernih ini dikelilingi oleh tebing dan rimbunnya pepohonan. Selain itu, juga ada air terjun mini yang mampu melengkapi keseruan kamu saat bermain di tempat ini. Sejuk dan menenangkan!

  1. Pantai Kelyar

Orang Saumlaki juga menyebut pantai ini sebagai Pantai Pertamina. Pantai yang satu ini memiliki ombak yang lebih tenang dan aman. Pas untuk didatangi bersama anggota keluarga.

Di pinggir pantai, kamu bisa menikmati ketenangan dengan bersantai di gazebo dan ayunan. Tempat sempurna untuk menikmati megahnya pemandangan matahari terbenam di sore hari.

Sumber : kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *