Asiknya Memasak Dengan Sasa Santan, Aslinya Santan

Ceritanya nih begini, beberapa hari kemaren perusahaan yang terkenal dengan produk bumbu dapur di Indonesia PT Sasa Inti melaunching produk terbaru mereka bernama Sasa Santan Kelapa. Kebetulan sekarang sedang musim hujan. So bisa dipastikan cuaca sedang dingin-dinginya. Tahu apa yang paling nikmat saat cuaca dingin?

Segelas kopi. Ya itu tidak boleh ketinggalan. Dan satu lagi yang tak boleh ketinggalan adalah masakan berkuah santan. Mengapa? Karena santan itu mengandung lemak. Sehingga bagus untuk membuat tubuh lebih tahan hangat.

Coba Sasa Santan Kelapa…

Maka hari ini saya coba membuat Opor Ayam Kentang pakai Sasa Santan Kelapa. Maklum, produk Sasa Santan Kelapa kan baru saja di launching, jadi sekalian membuktikan kualitasnya. Apalagi pada acara launchingnya dihadiri oleh salah satu chef kenamaan Chef Kong dan Chef Vania.

Dua chef ini punya kualitas masakan yang tak diragukan lagi. Tapi tetap saya ingin mencobanya sendiri.

Membuat Opor Ayam Pakai Sasa Santan Kelapa

Nah untuk membuat opor ayam kentang ini, saya membutuhkan beberapa bahan diantaranya:

Bahanya: ½ kg daging ayam, 3 buah kentang, 4 buah cabe hijau, 1 sendok makan terigu, 2 bungkus Sasa Santan Kelapa, 3 buah bawang merah, ½ buah bawang Bombay, 1 sendok teh merica, 1 batang kayu manis, 10 buah cengkeh, 8 buah kapulaga, 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, 3 cm jahe (jahe dibersihkan dahulu, baru dipotong hingga benar-benar halus), 2 lembar daun salam, 6 sendok makan minyak goreng/jumlah bisa secukupnya, garam secukupnya.

Untuk membuatnya, Pertama siapkan panci datar, lanjut masukkan minyak goring, masukkan merica, kayu manis dan kapulaga secara bergantian, selanjutnya kita aduk-aduk hingga agak matang. Setelah bumbu yang telah dimasukkan tadi menjadi agak matang, baru kita masukkan jahe dan bawang merah, setelahnya kita tiriskan. Masukkan bawang bombay hingga aroma harum bawang Bombay tercium. masukkan tepung terigu, masukkan potongan daging ayam dan juga tumisan bumbu, cengkeh, daun salam, cabe hijau, dan Sasa Santan Kelapa secara bergantian. Kita aduk-aduk sebentar. Tutup dan tunggu 10 menit, baru kita masukkan kentang dan kita tunggu kentang hingga matang. Cicipi apa rasanya sudah sesuai di lidah kita masing-masing.

Hasilnya, Its Perfect..

Ini adalah pertama kalinya saya memasak menggunakan Santan Instan, dan pertama kali juga saya menggunakan Sasa Santan Kelapa. Hasilnya harus saya akui luar biasa. Tak salah bila Chef Kong dan Chef Vania merekomendasikan kita menggunakan Santan Instan yang satu ini.

Jika saya nilai dari kualitas santanya, katika pertama kali saya buka bungkusnya lalu saya coba mencium aromanya. Aromanya sama dengan santan kelapa yang baru saja diperas. Saya juga sempat mencicipi rasa Sasa Santan Kelapa sebelum saya tuangkan ke kuah Opor ayam kentang, rasanya gurih selayaknya santan kelapa yang baru diperas.

Tingkat kekentalanya juga tidak terlalu kental. saya yakin, sepertinya ia tidak menggunakan pengental. Kalaupun menggunakan, paling hanya sedikit. Menurut keterangan yang saya baca dalam kemasan, Sasa Santan kelapa juga tidak menggunakan pengawet. Itu salah satu hal yang saya suka dari Sasa Santan Kelapa.

Nah sekadar informasi saja, buat kamu yang tertarik juga mencoba produk barunya PT Sasa Inti setelah 45 Tahun menapakkan kaki di Indonesia, silakan coba saja gunakan Sasa Santan, Aslinya Santan yang hadir dalam kemasan 65 ml sebagai penggantin santan kelapa anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *