e-Commerce vs Media Sosial, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Tren berbelanja online kian melejit beberapa tahun belakangan. Bahkan tidak jarang banyak yang lebih menyukai berbelanja menggunakan sistem online saat ini. Kenapa? Karena banyaknya kemudahan yang diberikan oleh penyedia layanan belanja online. Semetara kemudahan yang didapatkan oleh pembeli, bagaimana dengan penjual?

Jika anda merupakan salah seorang penjual online yang masih ragu dalam memutuskan pilihan platform mana yang lebih menguntungkan untuk usaha anda. Maka berikut akan kami beri ulasan perbedaan diantara keduanya. Pada dasarnya kedua jenis platform online tersebut memiliki kelabihan dan kekurangannya masing-masing:

Menggunakan Layanan eCommerce : Toko Online atau Website Besar (Blibli, Lazada, Tokopedia, Elevenia)

Menggunakan layanan  ecommerce akan memebrikan beberapa keunggulan berikut ini:

  • Pendaftaran dan layanan yang diberikan akan bersifat gratis bagi anda yang ingin bergabung menjadi salah satu penjual atau rekan bisnis mereka. Sebut saja dengan bergabung di Blibli.com atau lazada.com, kedua jenis website jual beli online ini sudah tidak asing lagi ditelinga penjual maupun pembeli. Jika anda ingin berjualan disni, hanya cukup dengan mebuat akun dan mengatifkannya.
  • Di situs ecommerce ternama, anda akan diberi kemudahan sebagai partner usaha mereka dengan memudahkan pembeli untuk mencari produk anda. Anda hanya perlu melakuakn upload foto produk dan meberikan deskripsi sejelas mungkin.
  • Namun, ada banayk pesaing lainnya yang akan bersaing dengan anda disni. Jadi sangat diperlukan strategi pemasaran yang ampuh agar keluar sebagai sang pemenang.
  • Dengan sistem pembayaran yang beragam, ini akan memudahkan calon pembeli dalam mengorder dan mebeli produk anda. Tentunya anda tidak perlu repot dalam mengurus dan memiliki banyak akun di berbagai bank yang berbeda lagi
  • Sistem yang diberlakukan adalah sistem otomatis. Seperti ketika anda bekerjasama dengan pihak Blibli.com, maka anda akan mendapatkan notifikasi setelah semua langkah ferivikasi pengorderan selesai, ini sangat menghemat waktu tentunya.
  • Lebih dipercayai konsumen. Karena mereka tidak langsung berbelanja dengan anda sebagai sang penjual, namun akan ada pihak ecommerce yang berupa pihak perantara yang akan menjadi penengah jika terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan.
  • Adanya sistem garansi yang biasnya disediakan oleh beberapa pihak ecommerce.

Keuntungan Berjualan dengan Menggunakan Media Sosial

Berbeda dengan sistem persaingan di ecommerce besar seperti website Blibli.com, menggunakan layanan media sosial akan menuntut sedikit kemandirian anda sebagai penjual.

  • Menggunakan layanan media sosial akan lebih cocok pada penjualan produk yang tidak terlalu mebutuhkan brand atau merk. Dimana ini merupakan salah satu jenis penjualan produk umum secara online yang kerap digunakan penjual.
  • Anda bisa menargetkan calon pembeli dengan melakukan promosi tertaget di akun media sosial pilihan anda. Karena dengan adanya fitur penyaringan tertentuanda bisa menfokuskan traget pemirsa atau audient anda untuk mendapatkan calon pembeli potensial.
  • Bebas melakukan promo & diskon apapun selagi tidak dianggap menganggu dan tidak dilaporkan sebagai spam. Gunakan pemberian harga yang cocok dan sesuai agar mendatangkan minat para pembeli untuk membeli produk yang anda jual belikan secara online
  • Jangan lupa untuk melengkapi segala hal termasuk profil dan metode pembayaran yang akan digunakan sebagai proses transaksi jual beli di lapak online anda tersebut.

Nah, demikianlah ulasan tentang perbandingan berjualan menggunakan bantuan ecommerce ternama atau hanya menggunakan media sosial. Ecommerce vs Media sosial akan menjadi pilihan anda secara pribadi, karena keduanya memiliki kelebihan masing-masing, jadi kenapa tidak mencoba keduanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *