Ini Dia Beberapa Perbandingan Antara Aqua Dan Le Minerale

Di industri air mineral dalam kemasan ada dua produk air mineral yang sedang bersaing yaitu Aqua dan Le Minerale. Mungkin belum banyak yang mengetahui jika Aqua dan Le Minerale ini sedang bersaing. Perselisihan antara kedua produk minuman air mineral ini bermula dari Aqua yang dituduh melarang produk Le Minerale dijual di outlet outlet di kawasan Jabodetabek. Para pemilik outlet tidak menerima larangan itu sehingga melaporkan hal itu secara beramai ramai ke Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU). Kasus ini pun akhirnya dibawa ke area persidangan karena Aqua dituduh telah memonopoli usaha.

Memang tidak akan pernah ada matinya bisnis air minum dalam kemasan atau AMDK ini. Hal ini dikarenakan sangatlah besarnya kebutuhan orang untuk minum, dan di Indonesia belum mencukupinya ketersediaan air bersih. Pada tahun 2015 saja, sudah tercatatnya total produksi nasional AMDK hingga mencapai 25 miliar liter oleh Asosiasi Perusahaan Air Minum dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN).

Berikut beberapa perbandingan antara Aqua dan Le Minerale diantaranya yaitu :

  1. Siapa Yang Lebih Duluan Jualan

Aqua ini diproduksi mulai dari tahun 1972 oleh PT Aqua Golden Mississippi. Diawal produksinya Aqua ini hanya dijual dengan harga Rp. 75 saja didalam bentuk kemasan boto kaca dengan ukuran 950 ml. Lalu pada tahun 1998, disepakatinya kerjasama antara Aqua dan grup Danone. Berkat kerjasama itu produk aqua meningkat kualitasnya. Sehingga di Indonesia Aqua ini merupakan produsen AMDK paling besar.

Sedangkan Le Minerale ini merupakan produk air mineral yang masih terbilang sangat baru, pasalnya pada tahun 2015 lalu air minum kemasan ini baru diluncurkan. PT Tirta Frisindo Jaya yang merupakan anak usaha Grup Mayora adalah perusahaan yang memproduksi Le Minerale. Le Minerale Mayora ini merupakan produk minuman milik Mayora yang paling bontot, karena sebelumnya telah memproduksi Teh Pucuk Harum. Namun Penjualan Air Minum Le Minerale sangat begitu cepat melesat, karena kualitasnya yang begitu baik.

  1. Varian Aqua Vs Le Minerale

Aqua sebagai pelopor AMDK pertama di Indonesia telah banyak meluncurkan varian kemasan, sedikitnya ada sekitar tujuh varian kemasan. 7 kemasan varian dari Aqua yaitu 240 ml, 330 ml, 380 ml, 450 ml, 600 ml, 1500 ml, dan galon 19 liter. Sedangkan Le Minerale yang merupakan pemain baru memiliki tiga varian kemasan yaitu 330 ml, 600 ml, dan 1500 ml.

Itulah beberapa perbandingan antara Aqua dan Le Minerale. Aqua mungkin memang lebih unggul sekrang ini karena merupakan pemain lama. Tetapi meski begitu Le Minerale mendapat sambutan yang sangat baik dari konsumen karena berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *