Tips Memilih Tempat Tidur Untuk Bayi

Salah satu momen yang paling ditunggu tunggu oleh para orang tua adalah kelahiran sang buah hati. Terlebih jika kehadiran sang buah hati ini merupakan anak yang pertama dalam sebuah keluarga. Sehingga tidak heran untuk mempersiapkannya, para orang tua rasanya rela untuk mengeluarkan budget yang banyak untuk membeli segala perlengkapannya. Dan salah satunya adalah tempat tidur bayi. Menghadirkan tempat tidur untuk bayi ini penting karena sebagian besar waktunya akan dihabiskannya di tempat tidur.

Memang bukan perkara yang mudah didalam memilih tempat tidur ini, karena selain harus memilih bentuk dan motifnya yang apik tetapi juga harus memastikan keamanan dan juga kenyamannya. Supaya tidak salah memilihnya maka ikutilah tips tips dibawah ini :

  1. Memenuhi Standar Nasional Indonesia

Baik itu tempat tidur lipat atau juga tempat tidur kayu, maka pastikan tempat tidur itu telah memenuhi SNI atau Standar Nasional Indonesia.

  1. Terbuat Dari Bahan Stainless Steel

Pilihlah yang terbuat dari bahan stainless steel dan hindari yang terbuat dari besi. Karena jika memilih yang besi maka dikhawatirkan akan beresiko berkarat, sehingga akan rentan mudah rusak dan juga kemungkinannya akan membayakan keselamatan bayi.

  1. Membeli Yang Baru

Pastikan membeli tempat tidur dengan ukuran yang sesuai dan akan lebih baik lagi jika membelinya itu yang baru. Memang akan lebih murah jika membeli tempat tidur yang tidak memenuhi SNI atau membeli yang bekas. Tetapi hal ini kemungkinan tinggi akan berbahaya bagi kesehatan dan juga keselamatan.

  1. Pastikan Kualitas Bahannya

Pastikan kualitas bahannya diperhatikan, periksa secara rutin baut baut yang terpasang pada tempat tidur. Bagaimanapun keseluruhannya harus terpasang dengan sangat kuat, karena ini akan mencegah ranjang beresiko terlepas dengan sendirinya karena aktivitas si kecil.

  1. Tempat Tidur Dengan Bagian Samping Yang Bisa Kebuka

Pilihlah tempat tidur yang bagian sampingnya bisa dibuka dan hindari yang memilikui pintu tarik. Pasalnya setelah nanti perkembangan bayi semakin meningkat maka hal ini bisa mencegah box terbuka dengan sendirinya sehingga akan beresiko terhadap keselamatan bayi. Dan juga pilihlah tempat tidur yang bisa diekspansi. Dalam arti dapat diubahnya tempat tidur dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

  1. Pilihlah Tempat Tidur Dengan Kasur Berkualitas Baik

Bayi tidak akan dapat mengontrol kapan dirinya harus buang air atau muntah. Oleh karena itu pilihlah kasur dengan kualitas terbaik dan tahan air. Adapun matras untuk bayi biasnya akan kokoh dan keras sehingga akan mencegah terjadinya resiko SIDS dan sekaligus akan dapat menopang tulang punggung si kecil.

  1. Pilih Yang Ada Kelambunya

Pilihlah tempat tidur yang ada kelambunya sehingga akan dapat melindungi bayi dari gigitan nyamuk atau bahkan dari paparan debu. Biasanya kelambu yang ada pada tempat tidur bayi itu ukurannya akan lebih panjang melebihi tempat tidurnya.

Itulah tips memilih tempat tidur untuk bayi. Ditengah beragamannya produk tempat tidur yang hadir dipasaran maka sangat penting untuk memastikan memilih tempat tidur yang aman. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya banyaknya kasus bayi yang mengalami kecelakaan atau cidera karena terjatuh dari tempat tidurnya. Menghadirkan tempat tidur untuk bayi ini banyak manfaatnya seperti bagian tubuh bayi akan terhindar dari resiko terjepit atau tertindih.  Selain itu juga ini sebagai upaya untuk menjadikan si kecil menjadi pribadi yang mandiri dan sekaligus akan menciptakan waktu tidur yang berkualitas bagi orang tuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *