Beberapa Tips Menghemat BBM

Untuk Anda para pengendara kendaraan mobil, tentunya ingin bukan jika konsumsi bahan bakar minyak BBM Anda tidak terlalu banyak. Dengan menghemat penggunaan bahan bakar minyak BBM, maka tentunya Anda bisa menghemat pengeluaran sehari-hari Anda. Memang ada banyak sekali cara atau tips yang bisa dilakukan untuk dapat menghemat bahan bakar minyak BBM. Berikut ini ada beberapa dari tips tersebut yang bisa menjadi rekomendasi. Untuk tips atau cara menghemat bbm kali ada sangkut pautnya dengan kondisi dan juga perawatan dari kendaraan mobil itu sendiri.

Tips hemat bbm yang pertama yaitu dengan mengganti saringan udara. Hal yang perlu Anda ketahui disini yaitu kalau saringan udara sudah kotor, maka tenaga dan juga efisiensi mesin kendaraan mobil akan semakin berkurang. Jika sudah begitu, maka akan lebih banyak lagi bahan bakar minyak BBM yang diperlukan. Maka dari itu, lebih baik Anda mengecek saringan udara pada kendaraan mobil Anda jika memang sudah digunakan sangat lama dan sudah lama atau belum dicek saringan udaranya. Tips hemat bahan bakar minyak BBM yang selanjutnya yaitu dengan membuat kendaraan mobil Anda semakin ringan. Dari beban yang lebih berat di dalam mobil, maka dapat saja memperlambat laju percepatan pada kendaraan mobil tersebut.

Jika sudah begitu, maka mobil tersebut akan semakin sulit untuk berakselerasi jika dibandingkan dengan kendaraan mobil dengan beban yang ringan. Maka dari itu, Anda lebih baik menyingkirkan berbagai barang yang tak harus ada di bagasi atau di kursi. Bagi Anda yang sering menaruh barang di bagian atas atap mobil, maka Anda akan mengalami pemborosan bahan bakar minyak BBM juga.

Walaupun bisa mengangkut lebih banyak barang, hal tersebut juga lebih baik jangan sering dilakukan. Hal tersebut dikarenakan beban yang terdapat di atas mobil bisa menyebabkan adanya hambatan angin lebih besar pada kendaraan mobil tersebut. Dengan begitu, maka tentunya sudah pasti bisa memperlambat laju percepatan mobil. Masih ada lagi tips lainnya yang bisa Anda manfaatkan bagi yang ingin lebih menghemat pemakaian bahan bakar minyak BBM. Tips tersebut yaitu dengan mengisi angin ban yang sesuai dengan penentuan tekanan angin. Dari setiap kendaraan mobil, pastinya terdapat info mengenai tekanan angin pada keempat bannya.

Ban mobil yang diisidengan angin yang tekanan yang tepat, maka bisa memiliki kemampuan melakukan perjalanan lebih jauh lagi dengan penggunaan bahan bakar BBM yang jumlahnya sama. Tips hemat konsumsi bahan bakar minyak BBM yang selanjutnya yaitu dengan melakukan tune up sesuai dengan jadwal. Fungsi dari tips satu ini yaitu supaya bisa mengoptimalkan penggunaan bahan bakar minyak BBM itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan dengan mengganti komponen busi dan juga koil pada waktu yang tepat bisa lebih memperlancar putaran pada mesin.

Jika sudah begitu, maka akan semakin besar tenaganya, tidak hanya itu saja, akan semakin hemat juga penggunaan bahan bakar minyak BBMnya. Tips hemat bahan bakar minyak BBM yang terakhir yaitu dengan menggunakan oli yang jenis sintesis. Dengan menggunakan produk oli sintetis maka bisa menghemat kurang lebih 5 persen penggunaan bahan bakar minyak BBM. Dengan memakai produk oli yang jenis sintesis ini, Anda juga tidak perlu sering melakukan pergantian oli. Itu saja beberapa tips hemat bahan bakar minyak BBM yang dapat Anda manfaatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *