Tips-Tips Belajar Efektif

Pas dulu saya masih sekolah di SMA, saya memiliki berbagai tips cara belajar efektif yang saya terapkan setiap saat. Tips-tips cara belajar efektif ini tentu saja membuat belajar menjadi menyenangkan bagi saya, Saya bahkan tidak perlu disuruh oleh orang tua dulu baru belajar. Hasil yang saya peroleh setelah menerapkan tips belajar ini juga terbukti dari nilai rapot saya yang bagus dan selalu meningkat.

Nah teman-teman tentu penasaran kan apa sih tip belajar yang menurut saya bagus itu. Di tulisan ini saya akan menjelaskan satu persatu pada teman-teman.

  • Tentukan cara belajar

Cara belajar yang saya maksud di sini adalah cara belajar yang bisa membuat kalian semua cepat dan mudah memahami materi pelajaran. Berbagai cara belajar bisa dimiliki oleh banyak orang, seperti belajar dengan membaca buku materi, dengan menonton video, atau juga dengan mendengarkan penjelasan dari guru atau orang lain.

Dengan mengetahui cara belajar yang tepat, maka kalian bisa menghindari adanya ketidakpahaman akan materi pelajaran meski sudah belajar. Jadi kalau kalian adalah orang dengan tipe belajar menontonton, maka tidak perlu membaca banyak materi. Karena kalian hanya akan membuang-buang waktu tanpa ada hasil yang bagus. Kalian sebaiknya cari berbagai video belajar, dan belajar lah dengan menonton semua video itu.

  • Tentukan tempat belajar

Belajar mungkin bagi sebagian orang bisa dilakukan di mana saja, namun banyak juga yang tidak bisa seperti itu. Contohnya ada orang yang tidak bisa belajar jika mendengar suara berisik, tapi ada juga orang yang tetap bisa fokus belajar meski banyak orang berbicara di sekitarnya.

Jadi pertama kenali dulu kalian tipe orang yang bisa belajar di tempat seperti apa, setelahnya baru tentukan di mana kalian bisa belajar. Mungkin di kamar bagi yang tidak suka keramaian, atau di kafe bagi yang terbiasa dengan keramaian saat belajar. Namun juga jangan lupa untuk selalu mengganti tempat belajar kalian, agar kalian mendapat suasana baru dan tidak cepat merasa jenuh

  • Ketahui kelemahan

Semua orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada yang jago di mata pelajaran hafalan seperi sosiologi ata sejarah, ada juga yang justru jagonya dipelajaran hitungan seperti matematika dan akuntansi. Nah dengan mengetahui dimata pelajaran apa kalian jago kalian juga akan tahu mata pelajaran apa yang menjadi kelemahan kalian.

Maka setelah mengetahui hal itu, kalian harus memberikan perhatian lebih pada mata pelajaran yang kalian lemah di sana. Mungkin dengan memperbanyak waktu untuk mengulang pelajaran itu dibanding pelajaran lainnya, atau memberikan tambahan belajar khusus untuk pelajaran tersebut dengan masuk bimbel.

Nah selain meneraptlkan 3 tips cara belajar efektif di atas sebenarnya ada satu lagi yang saya lakukan untuk bisa belajar dengan enjoy tanpa mengeluh. Caranya yakni menggunakan aplikasi Ruangguru. Ruangguru ini adalah aplikasi belajar online yang bisa diakses hanya dengan menggunakan HP.

Dengan menggunakan Ruangguru 3 tips cara belajar efektif di atas pun semakin mudah saya terapkan. Sebagai aplikasi belajar online saya bisa menentukan tempat belajar yang saya mau dan bahkan tidak perlu repot memikirkan berapa banyak buku yang harus dibawa, saya hanya cukup membawa HP saja.

Kemudian saya bisa menemukan berbagai metode belajar di Ruangguru, seperti metode belajar menggunakan video yang tersedia di produk Ruangbelajar mereka. Tidak hanya itu, di Ruangbelajar saya juga bisa menemukan semua materi pelajaran. Jadi saya dapat memperdalam materi pelajaran yang tidak terlalu saya kuasai dengan mudah.

Nah untuk teman-teman semua yang ingin belajar dengan cara efektif agar nilainya bagus, mungkin tips di atas bisa dicoba ya, sama jangan lupa juga instal aplikasi Ruangguru ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *