Bijakkah Apply Pinjaman Uang Online untuk Biaya Pendidikan?


https://lh5.googleusercontent.com/C3yHcNeXu0Tmxl5k2vRWy-Fv4SSHa3Y3VEmECSK83WeOExLg0NvyTmW_Z5vZKvnE9y7c-WNu7PF7N8Y7UZ2tsr7mDk1lH0qbbldoORT7lcqpJNUFAuWoZG7dbQ4IAqXzlVlsVNVI

Terpikir untuk apply pinjaman uang online demi bayar kebutuhan sekolah anak di tahun ajaran baru? Atau kamu berniat cari pinjaman demi menutup uang semesteran kuliah tahun ini? Demi melanjutkan pendidikan tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai cara yang memungkinkan, termasuk pinjam uang.

Karena tidak murah dan selalu meningkat setiap tahunnya, biaya pendidikan idealnya perlu disusun dan disiapkan tabungannya sejak dini. Bukan bersumber dari pinjaman. Namun apa mau dikata kalau ternyata kondisinya tidak memungkinkan. Daftar dan mengajukan pinjaman uang secara online ke fintech seperti Kredivo, memang jauh lebih mudah dan proses pencairannya cepat. Bisa jadi solusi sementara yang tepat untuk cari dana talangan biaya pendidikan. 

Tapi, jangan sampai dijadikan tumpuan terus-menerus ya. Sebab, pendidikan termasuk hal yang sifatnya kontinu dan jangka panjang. Sementara, ketika kamu meminjam sejumlah dana untuk biaya pendidikan, setelahnya akan ada jumlah angsuran yang perlu dibayar setiap bulan hingga tenornya selesai. Jangan sampai menambah beban utang baru sebelum utang periode sebelumnya dilunasi. 

Suku bunga kredivo terbilang rendah untuk pinjaman uang online

Kalau mau mengajukan pinjaman uang online dengan Kredivo, kamu perlu daftar akun lebih dulu. Caranya adalah dengan download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Kemudian, pilih daftar sebagai pengguna Premium. Sebab, pengguna Premium berkesempatan mendapat limit kredit lebih besar hingga Rp 30 juta. Selain itu, fitur pinjaman uang tunai yang ada di Kredivo hanya tersedia khusus bagi pengguna Premium saja. 

Baik kamu yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa ataupun sudah jadi orangtua, kamu bisa daftar dan ajukan pinjaman lewat Kredivo selama kamu memenuhi tiga syarat berikut ini: 

  1. WNI yang telah berusia minimal 18 tahun. 
  2. Berpenghasilan tetap minimum sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Pendaftaran akun Premium Kredivo, tidak memerlukan slip gaji sebagai bukti penghasilan, tetapi menggunakan akun internet banking yang perlu kamu sambungkan ketika daftar. Secara tidak langsung, ini bisa menguntungkan bagi kamu yang berstatus mahasiswa tapi sudah punya pekerjaan misal jadi freelancer per proyek ataupun punya bisnis kecil-kecilan. Jangan khawatir, asalkan minimum penghasilan kamu per bulan sesuai persyaratan, kamu bisa coba daftar dan pinjam dana lewat Kredivo untuk talangan biaya pendidikan. 

Pinjaman di Kredivo terbagi menjadi dua tipe: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Fitur ini baru bisa kamu gunakan apabila pendaftaran akun sudah disetujui dan kamu sudah mendapatkan sejumlah limit nontunai dari Kredivo. Limit nontunai inilah yang nantinya dapat kamu cairkan melalui fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo. Bedanya pinjaman mini dan pinjaman jumbo terletak pada nominal pinjaman dan pilihan tenor angsuran. Sementara untuk suku bunga angsurannya sama saja, 2,95% per bulan. 

Misal, kamu butuh dana talangan untuk biaya sekolah anak hanya sebesar Rp500.000, kamu bisa pilih fitur pinjaman mini dengan tenor pengembalian maksimal 30 hari. Contoh lain, kalau kamu adalah seorang mahasiswa yang butuh dana talangan untuk bayar semesteran sebesar Rp 1 juta ke atas, kamu bisa memanfaatkan fitur pinjaman jumbo dengan tenor pengembalian mulai 3 bulan sampai 6 bulan. 

Tidak hanya berfungsi sebagai akses pinjaman uang online, Kredivo juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah menarik, yaitu bisa untuk transaksi cicilan s.d 12 bulan di berbagai e-commerce dan merchant konvensional seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Berrybenka, Tiket.com, Citilink, Samsung, Sentra Ponsel, dan masih banyak lagi. Supaya bisa cicilan, kamu wajib belanja atau bertransaksi minimal Rp 1 juta di e-commerce atau merchant rekanan Kredivo tersebut. Tersedia juga metode kredit bayar dalam 30 hari tanpa bunga untuk kamu yang bertransaksi dalam jumlah kecil atau kurang dari Rp 1 juta. 

Secara umum, pinjaman uang di Kredivo bisa dilakukan untuk segala jenis kebutuhan, termasuk  biaya pendidikan. Saat mengisi form dalam fitur pinjaman mini atau jumbo, akan ada kolom yang perlu kamu isi mengenai tujuan pengajuan pinjaman. Namun, Kredivo bukan satu-satunya fintech yang bisa diandalkan untuk pinjaman biaya pendidikan. Jika kamu mencari jenis pinjaman yang bisa membiayai rangkaian pendidikan dalam periode tertentu, bukan sekadar talangan untuk satu-dua semester, maka kamu bisa cari alternatif fintech pinjaman dana pendidikan lain yang terpercaya melalui situs OJK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *