Kesalahan Dalam Penanganan Pertama Luka Bakar


Luka bakar bukanlah suatu hal yang ingin dimiliki oleh setiap orang. Sebab, luka bakar memberikan sensasi yang tidak mengenakan untuk penderitanya. Bukan hanya rasa nyeri akibat luka tersebut, sensasi rasa panas juga akan didapat saat seseorang menderita luka bakar kena knalpot atau apapun. Pengunaan obat luka bakar knalpot pun jadi sangat penting agar luka bakar bisa segera disembuhkan dan kembali beraktivitas secara normal.

Meskipun obat luka bakar sangat penting dalam proses penyembuhan luka, sayangnya, masih banyak diantara kita yang melakukan kesalahan dalam penanganan pertama luka bakar. Apa saja kesalahan yang dimaksud? Berikut ini beberapa diantaranya.

Memotong bekas luka

Saat seseorang mengalami luka bakar yang dahsyat, maka rasa panas dan nyeri yang luar biasa hebat akan dirasakannnya. Selain itu, jaringan kulit juga akan rusak sehingga membuat beberapa luka bakar menggerogoti kulit hingga tidak bisa diselamatkan. Tak jarang bekas luka akan tersisa walaupun pengobatan luka bakar sudah dilakukan.

Memotong bekas luka merupakan hal yang tidak dianjurkan dalam penanganan luka bakar. Sebab, pemotongan bekas luka dapat memperbesar potensi terjadinya infeksi. Selain itu, pemotongan bekas luka juga  bisa membuat tendon dan urat saraf terpotong secara bersamaan. Oleh karena itu, sebaiknya biarkan bekas luka bakar menempel sampai proses penyembuhan berjalan dengan sendirinya dan bekas luka akan hilang dengan sendirinya.

Mengoleskan mentega pada luka bakar

Ketika baru mengalami luka bakar, Anda tentu akan berusaha untuk menyembuhkannya secepat mungkin. Berbagai cara pun dilakukan untuk menyembuhkan luka bakar mulai dari cara yang bisa dibuktikan secara medis maupun mitos-mitos dalam penyembuhan luka bakar. Salah satunya yang seringkali dilakukan adalah mengoleskan mentega ke luka bakar.

Mengoleskan mentega ke luka bakar dipercaya oleh beberapa orang bisa membantu meredakan rasa nyeri dari luka bakar tersebut. Padahal, belum ada satupun penelitian yang membuktikan kebenaran hal tersebut. Sebaliknya, mengoleskan mentega ke luka bakar justru mempersulit proses penanganan luka secara medis dan meningkatkan potensi terjadinya infeksi. Untuk itu, hindari cara tersebut dan bersihkan luka dengan air mengalir agar tidak ada kotoran yang masuk kedalamnya.

Dua kesalahan diatas perlu dihindari jika Anda ingin menyembuhkan luka bakar dengan cepat. Tapi, jangan lupa juga untuk rutin membaca info kesehatan agar mendapatkan pengetahuan baru seputar dunia kesehatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *