6 Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakit

Habatussauda sepertinya sudah menjadi sesuatu yang populer dan banyak diketahui oleh orang. Terutama para pecinta obat – obatan herbal. Habbatussauda adalah rempah brtupa butiran hitam yang berasal dari tanaman berbunga ahunan bernama Nigella Sativa.

Ibnu sina telah meneliti manfaat serta khasiat dari habbatussauda ini sejak masa keemasan islam. Bahkan dalam jurnal medisnya Canon of Medicine, Ibnu Sina menulis bahwa biji jintan hitam ini bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, baik karena gejala asma atau karena masalah pernapasan lainnya.

Namun, sebenarnya apakah kita telah mengetahui manfaat lainnya bagi kesehatan manusia? Untuk lebih mengetahuinya, berikut adalah beberapa manfaat Habbatussauda bagi kesehatan yang perlu kita ketahui. Berikut ulasannya!

Menurunkan Tekanan darah

Pertama, manfaat Habbatussauda adalah untuk menurunkan tekanan darah. Seperti yang telah kita tahu bahwa tekanan darah yang tinggi jga bisa berakibat pada kesehatan tubuh yang buruk dan memicu akibat lain pada tubuh.

Berbagai penelitian yang telah dilakukan menujukkan bahwa ekstrak habatussauda dapat menurunkan tekanan darah dan juga menurunkan kandungan kolesterol dalm darah. Itu artinya habatussauda dapat menurunkan tekanan darah pada seseorang.

Mengatasi Gejala Diabetes tipe 1

Dalam minyak habbatussauda, ditemukan kandungan Thymoquinone (TQ) yang merupakan senyawa aktif utama. Dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa dengan injeksi TQ dengan  dosis tinggi dapat menghentikan perkembangan penyakit diabetes tipe 1 seutuhnya.

Dalam penelitian lainnya juga ditemukan bahwa habbatussauda efektif menurunkan kadar gula darah pada tikus lab, yang saat itu digunakan untuk percobaan. Hal ini sebagai akibat dari efek penghambatan metabolisme glukosa di hati. Dengan penelitian ini, para peneliti percaya bahwa ekstrak habbatussauda mungkin dapat digunakan sebagai pengobatan diabetes selain bergantung pada obat insulin. Untuk itulah, dikatan bahwa manfaat habbatussauda adalah mengatasi gejala diabetes tipe 1.

Melawan Bakteri

Manfaat habbatussauda lainnya yang juga tak kalah penting adalah kemampuannya dalam melawan bakteri. Dalam suatu penelitian, habbatussauda diketahui dapat mengahadapi sejenis bakteri yang kebal terhadap antibiotic. Dalam Journal of Ayub Medical College Abbottabad 2008, disebutkan bahwa komponen habbatussauda dapat menghambat pertumbuhan MRSA yang dikenal sebagai salah satu bakteri yang kebal terhadap antibiotic.

Baik untuk otak

Selanjutnya, habbatussauda juga dikenal sangat baik untuk otak. Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa habbatusauda memiliki kandungan asam linoleat yang mampu merangsang sel pada syaraf otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat serta membantu memperbaiki kemampuan berkonstrasi. Jadi, tidak heran jika dikatakan bahwa manfaat habbatussauda salah satunya dalah baik untuk kesehatan otak.

Mencegah jerawat

Selanjutnya,, manfaat habbatussauda yang pasti akan disukai oleh banyak orang, terutama bagi para remaja putri. Seperti yang kita tahu bahwa jerawat adalah hal sepele namun sangat mengganggu bagi banyak orang. Untuk itu, orang selalu mencari – cari cara atau obat yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah mauun mengobati jerawat ini.

Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa habbatussaudah mengandung zat anti inflamasi atau mampu mengatasi peradangan. Dengan menggunakan ramuan minyak habbatussauda, maka anda bisa mengatasi jerawat anda secara alami.

Cegah Tukak Lambung

Selanjutnya, manfaat habbatussauda lainnya yang sangat berguna bagi kita adalah dapat mencegah tukak lambung. Dalam keadaan saat ini, dengan gaya hidup yang kurang baik yang dijalani masyarakat, maka banyak orang yang mudah terserang tukak lambung. Dalam Journal of College of Physicians and Surgeons Pakistan ditemukan bahwa dengan mengkonsumsi habbatussauda dapat melindungi dinding lambung dari resiko terkikis oleh asam.

Demikian adalah berbagai manfaat habbatussauda bagi kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *