Mengenal Ragam Jenis Motif Batik Istimewa yang ada di Indonesia

10 Model Baju Batik Terbaru buat Millennials


Membicarakan batik pastinya kita teringat dengan Indonesia. Pada tanggal 2 oktober tahun 2009, Unesco sudah resmi menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi, hal inilah yang menjadikan tanggal 2 oktober sebagai hari batik nasional. Walaupun diawali dengan pola yang mirip saat ini batik mempunyai variasi yang sangat berbeda bahkan model baju batik terbaru 2020 juga sangat beragam dan sudah tidak lagi identik dengan kesan kuno. Karena masyarakat modern kini justru semakin mahid memadukan batik supaya terlihat lebih elegan bahkan berkelas. Untuk itu artikel ini akan menjelaskan dan memberikan wawasan anda seputar batik. 

Bahan yang digunakan saat membuat batik. 

Terdapat 4 jenis bahan kain yang kerap digunakan untuk bahan dasar batik yaitu: 

Kain kapas Grey 

Kain kapas grey adalah kain alami yang tidak melalui tahapan pemutihan. Sehingga tidak mengherankan jika warnanya lebih gelah dibandingkan kapas yang sudah diproses. Terdapat 3 jenis kain kapas grey yang beredar di pasaran, yaitu kain belacu buatan pabrik, kain tenin ATBM dengan alat tenun moder, dan kain tenun gedhok dari alat tenun tradisional. 

Kain Mori 

Jenis kain yang satu ini adalah jenin paling umum digunakan untuk membuayt batik. Dengan warna dasar putih memang membuat kain mori ini paling mudah divariasikan dnegan aneka motif batik. Ada dua jenis kain Mori yang beredar di pasaran, yaitu kain yang belum diputihkan dan sudah diputihkan (melalui proses bleaching) harga kain mori ditentukan berdasarkan kerapatan anyaman kain, ukuran tekstur kain dan kualitas  benang tenun yang digunakan. 

Kain Sutra 

Aneka batik berkualitas yang bahannya nyaman dan juga terkesan mewah biasnaya terbuta dari bahan sutra. Masyraka modern gemar menggunakan batik sutra untuk aktivitas formal seperti busana kerja atau pesat. Tekstur kain yang lembut dan mengkilap membuat pengguna batik sutra kelihatan elegan. 

Kain Kapas

Pengunaan kain kapas pada insustri pakaian memang popular, Hasil olahan kain kapas berupa bahan katutn kerap juga digunakan sebagai bahan pembuatan kaos, karena saat ini batik juga serinhg dikombinasikan menjadi berbagai macam kaos yang keren dan mengikuti trend saat ini.

Selain kitu, ada juga berbagai macam batik berdasarkan Teknik pembuatannya, karena seiring majunya zaman pembuatan batik saat ini semakin variatif.

Batik Cap
proses pembuatan batik cap tidak telalu lama, Sebab Teknik yang satu ini sudah tidak menggunakan canting untuk membuat pola satu per satu diatas kain. Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan batik cap antara lain kain polos, alat cap, lilin cair dan juga pemanas. Setiap alat cap memiliki pola yang akan membentuk motif khusus. Sehingga pengerjaan batik cap akan menghasilkan pola tertentu yang sifatnya berulang. Pola motif pada batik cap lebih renggang dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan batik tulis biasnaya untuk membuat batik cap adalah kain mori dan kain sutra.

Batik Tulis 

Batik tulis merupakan jenis batik yang pertama kali ada di Indonesia. Teknik pembuatan batik tulis memang memakan waktu yang lama dibandingkan teknik lainnya. Bahkan ada motif batik yang pengerjaannya sampai berbulan-bulan. Proses pembuatan batik yang satu ini membutuhkan perlengkapan berupa canting, lilin cari, dan tungku pemanas.

Selain dua diatas ada juga batik printing yaitu batik yang motif nya dibuat dengan proses sablon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *