Resep Nasi Kuning

10 Bahan Pelengkap Nasi Kuning yang Membuatnya Semakin Terasa Istimewa

Nasi Kuning biasanya disajikan selama perayaan acara khusus di Indonesia, seperti pernikahan, perayaan pembukaan perusahaan baru, perayaan tonggak sejarah perusahaan, kelahiran anak, syukuran, ulang tahun dll. Nasi kuning biasanya berbentuk kerucut besar yang menggunakan daun pisang. Beras berwarna kuning. Warna kuning berasal dari kunyit. Nasi dimasak bersama santan, kunyit, serai, dan daun jeruk purut. Sereh dan daun jeruk purut memberi aroma dan rasa yang enak pada nasi. Saat kalian memasaknya, rumah kalian akan dipenuhi dengan aroma serai dan daun jeruk purut. kalian juga bisa mencium baunya di atas nasi setelah dimasak. Nasi kuning biasanya disajikan dengan hidangan lain, seperti ayam goreng, perkedel kentang, irisan telur dadar, kacang tanah, kerupuk udang, ikan teri (teri goreng yang dimasak dengan beberapa rempah), tahu goreng, tempe goreng, dll. Dapat disajikan dengan irisan mentimun dan tomat di sampingnya. Saya biasanya menambahkan daun mint agar lebih segar.

Jumlah air untuk memasak nasi dapat bervariasi tergantung pad acara memasak dan selera kalian. pada kali ini saya akan memberikan cara membuat nasi kuning dengan menggunakan penanak nasi. Dengan penanak nasi jumlah air yang digunakan yaitu 2 gelas santan dan 1 gelas air mendidih, cukup untuk memasak 2 gelas beras. kalian mungkin perlu menambahkan lebih banyak air tergantung pada penanak nasi kalian. Jika demikian, tambahkan sekitar 2 sendok makan jika kaian melihat nasi belum matang tetapi airnya sudah menyusut kalian bisa menambahkannya sedikit lagi. kalian mungkin bertanya mengapa saya lebih merekomendasikan menggunakan air mendidih, bukannya air biasa. Dari pengalaman saya, air mendidih membuat nasi bisa matang dengan merata dan rasa yang diberikan juga akan merata saat bumbu nasi kuning dimasukan. Saya pikir itu karena air panas melarutkan santan dan bubuk kunyit pada beras sehingga rasanya akan lebih merata. Selain menggunakan air mendidih, saya juga meninggalkan semua bahan dengan nasi selama setengah jam sebelum memasak nasi. Langkah ekstra ini juga membantu memasak nasi secara merata dengan santan dan bubuk kunyit. kalian bisa menyajikan nasi dengan hidangan apa pun yang sesuai dengan selera, seperti ayam panggang, ayam goreng, dll. 

Yuk kita tengok bahan dan juga cara memasak nasi kuning!

Bahan:

  • 2 cangkir nasi¬†
  • 2 gelas santan. Sebelum membuka santan, kocok kaleng santan terlebih dahulu sehingga akan tercampur dengan baik karena terkadang santan dan air di kaleng terpisan
  • 1 gelas air mendidih. Gunakan air mendidih hanya karena itu membuat bubuk kunyit dan santan bergabung dengan sangat baik sehingga nasi akan tercampur sempurna saat dimasak dalam santan dan berwarna kuning akan merata.
  • 1/2 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 serai, hanya bagian putih dan geprek
  • 2 daun salam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 daun jeruk purut atau jika kalian tidak dapat menemukannya, gunakan kulit jeruk nipis dari 1 jeruk nipis
  • bawang goreng secukupnya

iris telur dadar. Agar terlihat cantik, setelah kalian memasak telur dadar, gulingkan telur dadar terlebih dahulu sebelum mengirisnya.

  • Opsional: kacang
  • Opsional: daun mint
  • Opsional: ayam goreng, tahu, temped an sambal
  • Opsional: kerupuk udang
  • Opsional: perkedel kentang
  • Opsional: 1 mentimun, kupas dan iris

Cara memasak

Masukan beras, air mendidih, santan, bubuk kunyit, serai, daun salam, garam, dan daun jeruk purut di penanak nasi. Aduk dengan garpu sehingga santan dan air tercampur dengan baik dan cairan menjadi kuning secara merata dari bubuk kunyit. Biarkan selama setengah jam. Setelah setengah jam, nyalakan penanak nasi. Kalian mungkin ingin memeriksa setelah 15 menit memasak di penanak nasi untuk memastikan nasi memiliki warna kuning yang merata. Jika tidak, aduk dengan garpu tetapi pastikan kalian tidak terlalu banyak mengaduknya. Setelah 25 menit memasak di penanak nasi, periksa untuk memastikan cairannya tidak hampir habis saat nasi masih keras. Jika itu terjadi, berikan sedikit air tambahan di atas nasi sekitar 2 sendok makan air sehingga nasi bisa dimasak lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *