Berbagai Keunggulan Pipa PVC yang Tidak Dimiliki Pipa Logam

Saat hendak membangun sebuah hunian rumah, maka hal yang harus kita cermati adalah material-material bahan bangunan yang akan digunakan. Ya, seperti pasir, genteng, semen, batu bata, keramik, hingga yang tak kalah penting adalah instalasi air. 

Berbicara soal instalasi air, tentu saja kita harus memilih jenis-jenis pipa yang memang dibutuhkan. Pada umumnya pipa yang tersedia di pasaran terbuat dari bahan plastik dan logam. Sejak zaman dulu, pipa yang berbahan logam memang banyak digunakan karena daya tahannya yang kuat terhadap benturan maupun tekanan tinggi. 

Namun di zaman modern seperti sekarang ini, sebagian besar masyarakatnya sudah mulai beralih ke pipa yang berbahan plastik alias pipa PVC. Hal itu pun terbukti, dimana pipa PVC begitu mudah dijumpai dipasaran. Bahkan dari segi harga, harga pipa PVC ini jauh lebih murah dibanding dengan pipa yang berbahan logam lho. Tak hanya itu, masih banyak lagi beberapa keunggulan dari pipa PVC yang tidak dimiliki oleh pipa logam. 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai keunggulan dari pipa PVC, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

  1. Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

Keunggulan pertama dari pipa PVC yang tidak dimiliki oleh pipa logam, yakni proses pemasangan yang cukup mudah. Bagaimana tidak, sebab kita hanya membutuhkan sebuah lem saja saat proses pemasangannya. Mengingat material pipa PVC yang terbuat dari bahan plastik, tentunya hal itu juga akan memudahkan kita saat akan memotong. Belum lagi dengan bobotnya yang lebih ringan, sehingga kita tidak akan mengalami kesulitan saat membawanya. 

Beda lagi ceritanya dengan pipa berbahan logam, dimana proses pemasangannya tergolong ribet dan membutuhkan peralatan khusus lho. Ya, ketika akan disambungkan maka harus dilakukan pengelasan dan memotongnya pun harus menggunakan alat khusus. 

  1. Menawarkan Harga yang Murah

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa pipa PVC menawarkan harga yang jauh lebih murah ketimbang pipa logam. Itu sebabnya, mengapa pipa PVC selalu menjadi pilihan utama bagi kebanyakan masyarakat yang hendak membuat instalasi air. Mengingat proses pemasangannya yang mudah, tentu saja kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk menyewa jasa professional. 

  1. Tidak Membutuhkan Perawatan Khusus

Selain proses pemasangan yang mudah dan harga yang murah, ternyata pipa PVC tidak memerlukan perawatan khusus. Meski materialnya terbuat dari bahan plastik, namun pipa PVC ini sudah terbukti kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca. Dengan begitu, kita bisa lebih tenang karena tidak perlu memikirkan soal cara perawatannya. 

  1. Kuat dan Tidak Mudah Pecah

Dari segi fisik, mungkin jenis pipa logam memang jauh lebih unggul dibanding pipa PVC.  Kendati demikian, bukan berarti juga bahwa pipa PVC ini tidak memiliki daya tahan yang bagus. Perlu kalian ketahui, material PVC (polyvinyl chloride) ini memiliki sifat yang keras, kuat dan elastis namun tetap ringan. Sehingga, pipa PVC ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. 

  1. Tahan Korosi

Berkarat merupakan salah satu penyakit umum yang sering terjadi pada pipa besi atau logam, sehingga membuat daya tahannya semakin menurun dan tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Namun, masalah berkarat tersebut tidak akan berlaku bagi pipa PVC. 

Itulah beberapa keunggulan dari pipa PVC yang tidak dimiliki oleh pipa logam. Untuk kamu yang ingin membeli pipa PVC secara lengkap dengan harga terjangkau, silahkan kunjungi http://www.pipahdpe.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published.