Cara Mendidik Anak Sesuai Dengan Ajaran Islam

 

Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam Sesuai Ajaran Rasulullah |  Indozone.id

Mendidik anak untuk menjadi apa yang anda inginkan memang membuat anda senang. Tetapi sebaiknya anda mengajarkan anak anda sesuai dengan ajaran agama. Dengan melandsi anak anda dengan agama, anak anda akan menjadi anak yang baik dan sholeh. Anda pasti akan lebih lega dan menjadi bangga juga. mengajarkan anak sesuai dengan ajaran islam memang tidaklah mudah. Bahkan ada orang tua yang sudah memasukkan anaknya ke pesanteren sejak usia sekolah dasar. Nah jika anda masih belum tega dan ingin tetap dekat dengan anak. Anda harus pahami betul bagaimana mengajarkan anak sesuai dengan agama islam. Tidak semua hal memang bisa dipahami dengan cepat. Semua hal butuh proses, tetapi setidaknya anak akan terbiasa secara perlahan. Anda bisa mendidik anak seuai dengan ajaran islam dengan cara berikut ini yang dilansir oleh berita terkini.

  1. Memperdengarkan Ayat-Ayat A-Quran

Cara mendidik agar anak sesuai dengan ajaran agama islam adalah dengan sering membuat anak anda mendengar ayat-ayat Al-Quran. Anda bisa mendownload lantunan ayat AL-Quran dan kemudian anda anda perdengarkan anak anda dengan speaker. Jadi Tv jangan disetel ketika menyalakan lantunan ayat AL-Quran. Selain itu juga anda sebaiknya tidak membuat anak kecanduan gadget. Jika anak anda kecanduan gadget maka tidak mungkin jika anak tidak menonton tontonan yang tidak ada islamnya sama sekali. Nah memang lebih baik tidak dikenalkan dengan handphone dan sejenisnya. Anda bisa membeli alat atau benda berbentuk speaker yang berisi lantunan ayat Al-Quran. Banyak sekali jualannya di online dan bentuknya ada yang lucu akan disukai anak.

  1. Mengajarkan Ibadah

Hal kedua yang harus anda lakukan untuk mendidik anak berdasarkan agama islam adalah dengan mengajarkan ibadah. Mengajarkan ibadah sepertu shalat dan mengaji adalah baik dilakukan sejak dini. Dari umur 3 tahun saja sudah bisa anak untuk diajarkan shalat meskipun belum terlalu lancar membaca Al-Fatihah namun anak sudah ada kedisiplinan untuk shalat. Jadi setiap waktunya shalat anda ajak anak dan pastikan anak shalat. Meskipun shalatnya terkadang buru-buru dan ingin cepat selesai. Tetapi setidaknya anak mau disuruh untuk shalat. Anda bisa membujuk anda agar anak mau shalat. Selain itu juga ibdah ngaji penting. Anda bisa ajarkan iqra dengan menyenangkan meskipun belum yang terlalu rumit. Kenalkan dahulu pada Alif Ba Ta.

  1. Sering Membacakan Buku Tentang Kisah Nabi

Mengajarkan anak sesuai dengan ajaran islam tentunya kita ingin anak meniru sifat-sifat Nabi. Salah satu cara untuk mengajarkan sifat-sifat NAbi adalah memperkenalkannya melalui buku. Banyak sekali buku yang bercerita tentang NAbi. Selain itu juga dalam satu paket terdapat beberapa cerita tentang NAbi yang berbeda-beda. Paling utamanya anda kenalkan pada Rasullulah SAW. Nah anda juga sebaiknya membantu anak menjelaskannya agar anak lebih paham. Ajarkan juga kisah NAbi lainnya sehingga anak akan semakin mencintai.

  1. Ajarkan Anak Tentang Kejujuran

Dalam islam, kejujuran adalah salah satu pedoman yang harus dijalani sebagai umat muslim yang patuh. Dengan membawa bekal kejujuran, anak akan selalu taat terhadap perintah agama dan tidak akan pernah berbohong. Anak akan menjalani shalat dengan setulus hati. anak juga akan menjalani hidup dengan baik dan tidak ada kegelisahan. Dalam mengasah kejujuran, anda bisa suruh anak untuk membeli sesuatu di warung. Anak akan terlihat jujur apa tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.